Sejarah Kerajaan Majapajit

KEBOHONGAN SEJARAH PERSETRUAN 

KERAJAAN MAJAPAHIT & SUNDA
Pembuktian Analisa Kitab Neraga Kertagama dan Kitab Negara KertabhumiCreated by Ejang Hadian Ridwan

Suatu proses pencarian yang teramat sulit juga, mencari sumber yang mampu mengatakan bahwa kerajaan Sunda dan kerajaan Majapahit adalah 2 kerajaan yang bersahabat dan rukun. Berulangkali searching dengan menggunakan keywords bermacam-macam seperti: persahabatan kerajaan Majapahit dan Sunda, Persahabatan kerajaan Sunda dan Majapahit masa Gajah Mada dan Hayam Wuruk, Persahabatan raja Majapahit Hayam Wuruk dengan raja Sunda Lingga Buana dan lain sebagainya.

Kenyataannya semua hasil mengatakan hal yang sama, dengan kata lain tidak bersahabat, terjadi perselisishan alias permusuhan. Tetapi kalau dimasukan keywords seperti : Perang Bubat, Perang antara Majapahit dan Sunda, dan lain sebagainya yang mengarah ke perang Bubat, hasilnya hampir serentak semua link url atau situs web mengatakan hal sama yaitu ada perang Bubat, ada perselisihan dan permusuhan dengan berbagai versinya.

Artikel-artikel sebelumnya dari penulis sudah gembar-gembor mengatakan  bahwa kisah Ken Arok, Perang Bubat dan Sumpah Palapa adalah dusta atau kebohongan sejarah, dengan pihak yang dirugikan adalah bangsa Indonesia.

Sumber-sumber utama yaitu kitab Pararaton dan kitab Kidung Sunda yang mengarah kepada kisah Ken Arok, terjadinya peristiwa perang Bubat dan Sumpah Palapa, secara sendirinya adalah sumber-sumber yang sudah tidak bisa dipercaya lagi sebagai sumber sejarah, dengan kata lain sumber-sumber itu adalah sumber yang direkayasa demi suatu kepentingan, yang akhirnya terjadi pembelokan arah sejarah.

Pertanyaan selanjutnya adalah kalau memang tidak terjadi hal-hal seperti itu, kebohongan itu memnag terjadi, lantas pola hubungan seperti apa yang diterapkan antara 2 kerajaan tersebut yaitu kerajaan Majapahit dan kerajaan Sunda, yang masa pemerintahan untuk kerajaan Majapahit dipimpin oleh Sri Rajasanagara (Hayam Wuruk versi kitab Pararaton) dengan Maha Patih Gajah Mada? inilah pertanyaan yang harus ada jawaban sebagai korelasinya dan jawaban itu harus ada, kalau tidak pernyataan kebohongan sejarah itu tetap tidak kuat.

Penyidikan suatu perkara hukum, selalu dalam langkah awalnya adalah mencari barang bukti, yang kemudian dipelajari, dianalisa dan dikembangkan. Berdasarkan barang bukti itulah penyidikan lebih lanjut dapat dilakukan.

Bukti sejarah yang ada adalah untuk perkara ini tiada lain adalah berupa prasasti-prasasti dan beberapa kitab yang tingkat kepercayaannya akan kebenarannya masih tinggi, atau sumber sejarah yang masih relevan.  Prasasti-prasati yang ditemukan, hampir semuanya tidak bisa meberikan informasi tentang hal itu. Bukti sejarah berikutnya adalah dicoba dengan mempelajari lagi satu kitab yaitu kitab Negara Kertagama. Kitab Negara Kertagama inilah yang menjadi harapan satu-satunya bagi penulis untuk dapat memberikan informasi walaupun tidak gamblang.

Setelah dipelajari seksama dari hasil terjemahan kitab Negara Kertagama, akhirnya didapat petikan sebagai berikut :


Negara-negara di nusantara dengan Daha bagai pemuka. Tunduk menengadah, berlindung di bawah kuasa Wilwatikta. Kemudian akan diperinci demi pulau negara bawahan, paling dulu Melayu: Jambi, Palembang, Toba dan Darmasraya.Pun ikut juga disebut Daerah Kandis, Kahwas, Minangkabau, Siak, Rokan, Kampar dan Pane Kampe, Haru serta Mandailing, 



Tamihang, negara perlak dan padang Lawas dengan Samudra serta Lamuri, Batan, Lampung dan juga Barus. Itulah terutama negara-negara Melayu yang telah tunduk. Negara-negara di pulau Tanjungnegara : Kapuas-Katingan, Sampit, Kota Ungga, Kota Waringin, Sambas, Lawai ikut tersebut. Kadandangan, Landa, Samadang dan Tirem tak terlupakan. Sedu, Barune, Kalka, Saludung, Solot dan juga Pasir Barito, Sawaku, Tabalung, ikut juga Tanjung Kutei. Malano tetap yang terpenting di pulau Tanjungpura. Di Hujung Medini, Pahang yang disebut paling dahulu.Berikut Langkasuka, Saimwang, Kelantan serta Trengganu Johor, Paka, Muar, Dungun, Tumasik, Kelang serta Kedah Jerai, Kanjapiniran, semua sudah lama terhimpun.



Di sebelah timur Jawa seperti yang berikut: Bali dengan negara yang penting Badahulu dan Lo Gajah. Gurun serta Sukun, Taliwang, pulau Sapi dan Dompo Sang Hyang Api, Bima. Seram, Hutan Kendali sekaligus. Pulau Gurun, yang juga biasa disebut Lombok Merah.



Dengan daerah makmur Sasak diperintah seluruhnya. Bantayan di wilayah Bantayan beserta kota Luwuk. Sampai Udamakatraya dan pulau lain-lainnya tunduk. Tersebut pula pulau-pulau Makasar, Buton, Banggawi, Kunir, Galian serta Salayar, Sumba, Solot, Muar. Lagi pula anda (n), Ambon atau pulau Maluku, Wanin, Seran, Timor dan beberapa lagi pulau-pulau lain. 



Berikutnya inilah nama negara asing yang mempunyai hubungan Siam dengan Ayodyapura, begitu pun Darmanagari Marutma. Rajapura begitu juga Singasagari Campa, Kamboja dan 



Yawana ialah negara sahabat. Pulau Madura tidak dipandang negara asingKarena sejak dahulu menjadi satu dengan Jawa. Konon dahulu Jawa dan Madura terpisah meskipun tidak sangat jauh. Semenjak nusantara menadah perintah Sri Paduka, tiap musim tertentu mempersembahkan pajak upeti. Terdorong keinginan akan menambah kebahagiaan. 



Pujangga dan pegawai diperintah menarik upeti. Pujangga-pujangga yang lama berkunjung di nusantara.



Dilarang mengabaikan urusan negara dan mengejar untung. Seyogyanya, jika mengemban perintah ke mana juga, harus menegakkan agama Siwa, menolak ajaran sesat. Konon kabarnya para pendeta penganut Sang Sugata dalam perjalanan mengemban perintah Sri Baginda, dilarang menginjak tanah sebelah barat pulau Jawa. Karena penghuninya bukan penganut ajaran Buda.


Petikan diatas memberkan informasi lengkap tentang negara-negara yang berada dibawah kekuasaan kerajaan Majapahit yang memang mewakili istilah nusantara yang didengung-dengukan itu, tidak seperti Sumpah Palapa yang tidak mewakili aspek keseluruhan yang dikatakan nusantara. Bisa jadi Sumpah Palapa itu sendiri adalah bentuk pengkerdilan istilah nusantara itu sendiri, bisa jadi juga ini lemparan wacana ke publik dengan tujuan pro kontra mengenai istilah nusantara dengan hanya memakai simbolisasi Sumpah Palapa, yang akhirnya diharapkan terjadi keraguan terhadap kebesaran istilah nusantara tersebut.

Petikan diatas juga,memberikan informasi yang harapakan penulis atas pernyataan yang mencurigakan, diberikan pendaan cetakan tebal supaya lebih fokusyaitu:


Yawana ialah negara sahabat. Pulau Madura tidak dipandang negara asingKarena sejak dahulu menjadi satu dengan Jawa. Konon dahulu Jawa dan Madura terpisah meskipun tidak sangat jauh.”


Merujuk pada keterangan kitab Negara Kertagama itu bahwa banyak negara-negara atau kerajaan-kerajaan lain yang secara otomatis takluk dan berinduk ke kerajaan Majapahit, tidak harus melalui proses peperangan besar.

Dalam catatan sejarah resmi, untuk kerajaan Majapahit, hanya teridentifikasi melakukan beberapa kali peperangan, perang terbesar adalah dengan kerajaan di Pulau Bali, kemudian perang menumpas pemberontakan kerajaan Sadeng dan Keta. Tiga kerajaan ini nota bene adalah kerajaan-kerajaan yang secara historis atau sejarah pendiriannya mulai kerajaan Tumapel masa pemerintahan Sri Rajasa Sang Amurwabhumi alias Ken Arok (versi kitab Pararaton sampai ke Sri Kertanegara, kemudian dilanjutkan pada masa pemerintahan kerajaan Majapahit mulai dari Raden Wijaya sampai Sri Rajasanagara alias Hayam Wuruk (versi kitab Pararaton) adalah masih termasuk kerajaan-kerajaan bawahan.

Wajar dan memang seharusnya kalau peperangan itu dilakukan, untuk menjaga keutuhan, kewibawaan, persatuan dan kesatuan serta nama baik kerajaan, setidaknya ada alasan perang yang mendasar dan sah secara hukum kenegaraan.

Tetapi negara-negara lain, bisa secepat itu takluk, menginduk dan mengakui kerajaan Majapahit yang memegang kontrol atas mereka. Hal ini dikarenakan, apa yang dilakukan oleh kerajaan Majapahit adalah sebagai pencetus atau pelopor ide penggabungan kekuatan, dengan membentuk aliasi dengan negara-negra lainya, tujuannya dalam rangka menjaga apabila suatu saat ada invasi dari kekaisaran Mongol untuk kedua kalinya. 

Percobaan invasi pertama, ketika kerajaan Singhasari atau Tumapel dibawah kendali Jayakatwang yang merebut kekuasaan secara paksa dari penguasa sah Sri Kertanegara. Tentara Mongol sempat menguasai ibu kota kerajaan, tapi tidak lama berselang bisa diusir kembali oleh pasukan tentara yang dipimpin Raden Wijaya, raja pertama Majapahit menantu dari Sri Kertanegara.

Mengapa pula dengan skala waktu yang tidak terlalu lama nusantara bisa terbentuk? Jawabanya adalah teori musuh bersama. Umpan nilai psikologis inilah yang merupakan senjata ampuh dalam propaganda ide aliansi yang dimotori oleh kerajaan Majapahit, jadi tidak lagi harus bersusah-susah melakukan perang. Ketika negara-negara dalam aliansi itu sudah terbentuk, katakanlah dengan beberapa negara besar yang sudah bergabung, untuk mengembangkannya lebih mudah ke arah pemekaran yang lebih luas.

Ide aliansi inilah yang merupakan cikal bakal terbentuknya nusantara, dan ini ide sangatlah brilian, terlebih didukung oleh situasi yang ada, yaitu ada musuh bersama yang nyata didepan mata. Musuh bersama itu tiada  lain adalah pasukan besar kekaisaran Mongol. 

Secara fakta pertahan, sebuah aliansi harus ada negara pengontrol, pemimpin bagi yang lainya dan kerajaan Majapahit-lah yang cocok dan memenuhi syarat. Majapahit adalah negara adidaya di nusantara selain kerajaan Sunda pada masa itu. Karena kerajaan Sriwijaya tidak lagi termasuk negara adidaya dengan alasan keberadaannya sudah melemah, yang sebelumnya mengalami masa-masa penjajahan dari kerajaan Chola, India.

Penyidikan dilanjutkan lagi. Sekarang pertanyaan yang timbul adalah Yawana itu kerajaan mana? Tidak dijelaskan identitasnya dalam kitab Negara Kertagama, artinya nama itu sudah populer tidak perlu lagi penjelasan pada waktu itu, tetapi bukan negara bawahan karena tidak disebut demikian, yang ada adalah negara sahabat. Negara sahabat artinya kerajaan itu dianggap sejajar kedudukanya dengan kerajaan Majapahit, dan mempunyai kedudukan yang sangat dihormati karena statusnya adalah negara sahabat. Hubungan yang terjalin pun atas dasar persahabatan, bukan permusuhan atau yang satu menjadi bawahan atas yang lainnya.

Sumber : http://forum.kompas.com

Selanjutnya baca juga :  Runtuhnya Kerajaan Majapahit

126 komentar

8 Desember 2013 pukul 07.01

Makasih sob udah share , blog ini sangat membantu sekali .............




bisnistiket.co.id

Reply
5 April 2014 pukul 05.13

Terima kasih infonya

Reply
Anonim
11 Agustus 2014 pukul 07.58

Butuh pinjaman? menerapkan Sekarang

Apakah Anda dalam kekacauan finansial? Membutuhkan pinjaman untuk membiayai? Apakah Anda memiliki kredit buruk atau membutuhkan pinjaman mendesak untuk memecahkan kebutuhan mendesak? Pinjaman dijamin dan pinjaman tanpa jaminan untuk orang-orang jujur ​​dan dapat diandalkan dan perusahaan di seluruh dunia untuk tingkat bunga 3%. Kami telah menyediakan pinjaman kepada individu dan bisnis berhasil
hubungi kami hari ini melalui email: chrisjerryloanfirm@gmail.com
Nama Lengkap: .......
Negara: ...........
Negara: .....
Tanggal lahir: ......
Jenis Kelamin: ................
Pekerjaan: .........
Pendapatan Bulanan: ..........
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ....
Dalam mata uang apa? Dalam dolar, pound atau euro: ..
Jangka waktu pinjaman: ............
Tujuan pinjaman: ...........
Nomor Telepon: ..........
Email: chrisjerryloanfirm@gmail.com
Mr Chris Jerry.

Reply
3 April 2015 pukul 07.15

Sangat lengkap sekali terkait dengan Sejarah majapahit. Bener-bener khasanah baru yang diceritakan. makasih atas ilmunya ya

Reply
3 April 2015 pukul 07.17

Wah menarik untuk menjadi perdebatan. Ngobrolin tentang majapahit memang tidak pernah ada habisnya. Beda orang beda tafsir terkait majapahit. trims mas

Reply
21 April 2015 pukul 14.33

saya suka sejarah . ini sangat menarik, saya tunggu postingan lainya trims .
(titip link ya om) http://copas2u.blogspot.com/

Reply

Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

Reply

Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

Reply
9 Agustus 2015 pukul 11.01

woww keren sekali blognya dari info kerja rumahan sampai sejarah majapahit jadi lbh paham kita yg baca artikel lepas sobat lam kenal;;

MAU BELI RUMAH / PROPERTY BACA DAHULU ARTIKEL LENGKAP DISINI !!

Tip Membeli Tanah
Tiga Langkah Memasarkan Property
Biografi Sukses Tokoh Soeryadjaya
biografi Iwan Sunito
KPR dapat menimbulkan buble property
Investasi pilih rumah atau apartemen

Reply
12 Agustus 2015 pukul 06.15

Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

Reply
13 Agustus 2015 pukul 02.39

Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

Reply
14 Agustus 2015 pukul 07.31

infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

Reply
25 Agustus 2015 pukul 02.59

sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

Reply
26 Agustus 2015 pukul 02.03

website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

Reply

Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

Reply
2 September 2015 pukul 04.32

terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

Reply
3 September 2015 pukul 23.52

infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

Reply
8 September 2015 pukul 03.15

Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

Reply
9 September 2015 pukul 05.03

Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

Reply
14 September 2015 pukul 03.17

Artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih ne ya!! beritanya bagus banget dan sangat menarik di baca siang ini. Ijin share juga ya, terimakasih sekali lagi.

Reply
15 September 2015 pukul 06.46

Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

Reply
17 September 2015 pukul 02.21

Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

Reply
22 September 2015 pukul 05.22

Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

Reply
23 September 2015 pukul 03.35

besok sudah datang Idul Adha yang kita tunggu ya gan?? Semoga anda yang beragama islam menjalankan Puasa Arafah hari ini, keep posting, thanks. Salam.

Reply
27 September 2015 pukul 12.54

keren cerita property sejarahnya bisa berguna bgi byk orang bpjs memberikan pinjaman uang

Reply
28 September 2015 pukul 04.27

Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

Reply
29 September 2015 pukul 06.35

Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

Reply
30 September 2015 pukul 01.42

Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

Reply
27 Juni 2016 pukul 10.21

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya ya Kak ..!!

Reply
27 Juni 2016 pukul 14.34

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya ya Kak ..!!

Reply
28 Juni 2016 pukul 09.04

terima kasih atas infonya ya kak..:)

Reply
29 Juni 2016 pukul 09.04

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya ya Kak ..!!

Reply
3 Juli 2016 pukul 20.35

bagus ceritanya gan....

Reply
27 Juli 2016 pukul 05.22

Hei, kamu sudah dengar musik ini belum??? saya menemukannya di youtube dan ternyata keren banget... coba deh dengerin....

Reply
28 Juli 2016 pukul 03.57

Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat.!! Terima kasih Infonya kak

KONTES SEO Juni 2016
Poker Online Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
29 Juli 2016 pukul 07.29

selamat malam, uwaaah... websitenya bagus nih gan, bikin kalem hati, keep posting gan. .Saya tunggu postingan menarik lainnya di website ini. Thank you

Reply
31 Juli 2016 pukul 00.11

Artikel Ini sangat bermanfaat

Reply
31 Juli 2016 pukul 00.17

Saya senang membaca Artikel ini sangat berguna

Reply
31 Juli 2016 pukul 08.50

Update terus dan sukses selalu

Reply
31 Juli 2016 pukul 22.15

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya


KONTES SEO Juni 2016
Poker Online Terpercaya
agen poker terbaik

Reply
3 Agustus 2016 pukul 03.54

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Reply
3 Agustus 2016 pukul 03.54

Terima kasih Atas Informasinya

Reply
3 Agustus 2016 pukul 10.47

Update terus dan sukses selalu

Reply
6 Agustus 2016 pukul 00.56

Artikel Ini sangat membantu

Reply
6 Agustus 2016 pukul 00.56

Update Terus Dan sukses selalu

Reply
6 Agustus 2016 pukul 08.48

Thank's for information

Reply
9 Agustus 2016 pukul 09.12

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Reply
10 Agustus 2016 pukul 03.17

Terima kasih Atas Informasinya

Reply
10 Agustus 2016 pukul 03.18

Saya senang membaca Artikel ini sangat berguna

Reply
12 Agustus 2016 pukul 10.50

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Reply
13 Agustus 2016 pukul 00.16

Update Terus Dan sukses selalu

Reply
13 Agustus 2016 pukul 00.16

Terima kasih gan atas infonya

Reply
15 Agustus 2016 pukul 09.57

Thank's for information

Reply
16 Agustus 2016 pukul 02.48

Artikel Ini sangat bermanfaat

Reply
16 Agustus 2016 pukul 02.48

Artikel Ini sangat bermanfaat

Reply
16 Agustus 2016 pukul 02.49

Artikel Ini sangat bermanfaat

Reply
18 Agustus 2016 pukul 11.26

Update terus dan sukses selalu

Reply
19 Agustus 2016 pukul 04.14

Artikel Ini sangat membantu

Reply
19 Agustus 2016 pukul 04.15

Artikel Ini sangat membantu

Reply
22 Agustus 2016 pukul 01.57

Update Terus Dan sukses selalu

Reply
22 Agustus 2016 pukul 01.57

Terima kasih gan atas infonya

Reply
22 Agustus 2016 pukul 12.22

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Reply
25 Agustus 2016 pukul 01.37

Terima kasih Atas Informasinya

Reply
25 Agustus 2016 pukul 01.37

Terima kasih Atas Informasinya

Reply
26 Agustus 2016 pukul 12.19

Thank's for information

Reply
29 Agustus 2016 pukul 13.37

Update terus gan dan sukses selalu

Reply
1 September 2016 pukul 15.20

Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

Reply
4 September 2016 pukul 09.50

Terimakasih gan atas infonya

Reply
6 September 2016 pukul 06.28

Terima kasih Atas Informasinya

Reply
6 September 2016 pukul 06.29

Terima kasih Atas Informasinya

Reply
6 September 2016 pukul 06.29

Terima kasih Atas Informasinya

Reply
7 September 2016 pukul 12.02

Terimakasih gan atas infonya

Reply
15 September 2016 pukul 04.23

Terima kasih gan atas infonya

Reply
15 September 2016 pukul 04.24

Terima kasih gan atas infonya

Reply
15 September 2016 pukul 04.24

Terima kasih gan atas infonya

Reply
25 Januari 2017 pukul 07.35

Bermanfaat nih buat yang mau cari artikel tentang sejarah bisa mampir ke blog ini sukses buat blognya
-
-
-
-
--

--
-

film terbaru

Reply
9 Maret 2017 pukul 03.22

Situs Agen Judi Poker Online Uang Asli Indonesia
bandar poker
dewa poker

Reply
9 Maret 2017 pukul 03.23

Nonton Film Movie Bioskop Online 21 Subtitle Indonesia Gratis Download
nonton online
nonton movie

Reply
3 Mei 2017 pukul 04.42

Terima Kasih Gan Atas Artikel Yang Sangat Bermanfaat Dan Menambah Ilmu Pengetahuan Bagi Kami, Kami Menunggu Artikel Selanjutnya Yah Gan



Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
4 Mei 2017 pukul 03.09

Terima Kasih Atas Artikel Yang Sangat

Bermanfaat Ini Gan, Ditunggu Artikel

Selanjutnya Yah Gan.



Agen

Togel

Prediksi

Togel

Reply
8 Mei 2017 pukul 01.57

Terima Kasih Artikel Ini Sangat Membantu, Kami Tunggu Artikel Selanjutnya Yah Gan

Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
11 Mei 2017 pukul 04.28

Terima Kasih Atas Artikel Yang Sangat Bermakna Ini, Kami Tunggu Artikel Selanjutnya Yah Gan


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
17 Mei 2017 pukul 04.15

Terima Kasih Artikel Ini Sangat Membantu Ditunggu Artikel Selanjutnya Gan.


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
26 Mei 2017 pukul 04.02

Wahh Sangat Bagus dan Bermanfaat Sekali Artikel Ini Terima Kasih Gan, Kami Tunggu Artikel Selanjutnya yah .


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
2 Juni 2017 pukul 03.47

Terima Kasih Gan Artikel Ini Sangat Membantu Dan Bermanfaat Sekali, Kami Tunggu Artikel Selanjutnya Yah Gan.


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
4 Juni 2017 pukul 03.39

Benar - Benar Bagus Artikel Ini Gan Bermanfaat Sekali Gan Kami Ingin Artikel Selanjutnya Yah Gan.

Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
6 Juni 2017 pukul 01.57

Sangat Bermanfaat Artikel Ini Terima Kasih Yah Gan, Kami Tunggu Artikel Selanjutnya.


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
7 Juni 2017 pukul 03.22

Bagus Sekali Artikel Ini Yang Mengajari Saya Banyak Hal Yang Belum Saya Ketahui, Saya Tunggu Artikel Berikutnya Yah Gan..


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
15 Juni 2017 pukul 02.10

Terima Kasih Untuk Artikel Yang Bagus Ini Yah Gan Kami Tunggu Artikel Selanjutnya Yah Gan.


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
18 Juni 2017 pukul 03.50

Terima Kasih Gan Artikel Ini Sangat Membantu Ditunggu Artikel Selanjutnya Yah Gan.


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
29 Juni 2017 pukul 07.41

Wah kami Sangat Senang Bisa Membaca Dan Menemukan Artikel Sebagus Ini Sangat Bermanfaat Sekali Bagi Kami, Terimakasih Gan Atas Artikel ya..Kami Menunggu Artikel Berikutnya Yah Gan.


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
10 Juli 2017 pukul 04.59

informasi sangat bagus , ditunggu kunjungan baleknya

agen bandarq , situs bandarq , situs bandarq online , situs poker online terbaik

dan juga jangan lupa kunjungi , referensi bandarq , bandar terbaik , bandar online indonesia

Reply
2 September 2017 pukul 21.33

Wah kami Sangat Senang Bisa Menemukan Artikel Sebagus Ini Dan Sangat Bermanfaat Sekali Bagi Kami, Kami Menunggu Artikel Berikutnya Yah Gan.


Agen Togel
Prediksi Togel

Reply
6 Oktober 2017 pukul 03.14

ungguh luar biasa, artikel yang sangat membantu sukses terus gan dalam berkarya

Nonton Movie
Nonton Film online
Bioskop Online
Nonton Film
Film Semi
Ganool

Reply
29 Oktober 2017 pukul 21.45

Terima kasih Informasi

yang anda sampaikan

sangat bermanfaat,

Ditunggu update

selanjutnya Gan, Salam

Sukses :)

Te

xas holdem

Poker

Po

kerV Online

Ag

en Poker

Online

Po

ker Uang

Asli

Reply
Anonim
3 November 2017 pukul 09.07

kristalpoker merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

kristalpoker menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ

Kelebihan Bermain Di kristalpoker :
- BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
- BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
- BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
- MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
- Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

pin bbm : 2AE18F26
facebook : kristalpoker99@gmail.com
phone : +855969692742
we chat : kristalpoker

Reply
Anonim
9 November 2017 pukul 05.48

kristalpoker merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

kristalpoker menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ

Kelebihan Bermain Di kristalpoker :
- BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
- BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
- BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
- MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
- Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

pin bbm : 2AE18F26
facebook : kristalpoker99@gmail.com
phone : +855969692742
we chat : kristalpoker

Reply
10 November 2017 pukul 14.01

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


Poker Uang Asli
Agen Poker
Agen poker online

Reply
18 November 2017 pukul 15.05

Terima Kasih ya Gan, Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan


Poker Uang Asli
Agen Poker

Reply
Anonim
4 Desember 2017 pukul 08.32

kristalpoker merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

kristalpoker menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ

Kelebihan Bermain Di kristalpoker :
- BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
- BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
- BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
- MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
- Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

pin bbm : 2AE18F26
facebook : kristalpoker99@gmail.com
phone : +855969692742
we chat : kristalpoker

Reply
Anonim
8 Desember 2017 pukul 05.27

kristalpoker merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

kristalpoker menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ

Kelebihan Bermain Di kristalpoker :
- BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
- BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
- BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
- MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
- Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

pin bbm : 2AE18F26
facebook : kristalpoker99@gmail.com
phone : +855969692742
we chat : kristalpoker

Reply
11 Desember 2017 pukul 06.01

Maju selalu Gan dan terus update Informasinya ynag bagus begini ya Gan


Agen Togel
Bandar Togel

Reply
12 Desember 2017 pukul 07.52

Informasi ini sangat bikin terkesan Selalu update semoga Maju GAN


Agen Togel
Togel Online

Reply
13 Desember 2017 pukul 13.59

Informasi ini Mantap Update terus Bro


Agen Togel
Togel Online

Reply
15 Desember 2017 pukul 06.19

Mantap Artikelnya bos, Update Terus


Judi Casino
Agen Casino Online

Reply
Anonim
17 Desember 2017 pukul 06.07

kristalpoker merupakan Situs Judi Bandar Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

kristalpoker menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ

Kelebihan Bermain Di kristalpoker :
- BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
- BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
- BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
- MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
- Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

pin bbm : 2AE18F26
facebook : kristalpoker99@gmail.com
phone : +855969692742
we chat : kristalpoker

Reply
17 Desember 2017 pukul 09.23

Ini menjadi Artikel yang Bagus Bro, Yang Selanjuutnya update saja terus ya bro


Agen Togel
Bandar Togel

Reply
19 Desember 2017 pukul 13.19

Update Terus Informasinya Ini Sungguh Mantap Menku


Agen Togel
Bandar Togel

Reply
20 Desember 2017 pukul 12.20

Bagus Bro, Sukses Selalu ya Bangg!


Agen Togel
Bandar Togel

Reply
21 Desember 2017 pukul 12.51

Ini Bagus Bro Di update Terus Donkkk...


Togel Online
Mimpi4D

Reply
21 Desember 2017 pukul 23.28

Artikel sangat bagus sekali ini guys ayok bagikan lagi artikel yang lain ya..Ini Wajib Dikatakan Sangat Bermanfaat Karena Hal Yang Berguna Dituliskan Disini,


Prediksi Togel
Prediksi Togel Hongkong
Prediksi Togel Singapore
Prediksi Togel Sydney

Reply
22 Desember 2017 pukul 06.33

Ini menjadi salah satu Informasi menarik Yang pernah ku temukan bro, Update Terus


Agen Togel
Bandar Togel

Reply
23 Desember 2017 pukul 13.16

Bagus Sangat ini Coyyy, Sukses Terus Coy buat lagi dan lagi ya Coyyy. Mantap.


Agen Togel
Bandar Togel

Reply
4 Januari 2018 pukul 18.16

Manthapp Sukses dan Update Terus ya Bro.


Togel Online
Bandar Togel

Reply
6 Januari 2018 pukul 21.16

Cerdas pembuat artikel ini sangat menarik dan bermakna, Good luck Gan.


Agen Taruhan Bola
Taruhan Bola Online

Reply
6 Januari 2018 pukul 22.38

Bagus ini artikel yang buat pasti sangat Mempunyai imajinasi yang bagus.


Prediksi Togel Hongkong
Prediksi Togel Singapore
Prediksi Togel Sydney

Reply
7 Januari 2018 pukul 01.31

Mantap ini Gan, Ditunggu yang selanjutnya Yah Gan.


Agen Togel
Togel Online

Reply
7 Januari 2018 pukul 17.57

Bermanfaat sekali ini GAN, Ditunggu Artikel Yang Selanjutnya yah Gan.


Togel Online
Agen Togel

Reply
17 Januari 2018 pukul 19.42

Terima kasih untuk artikel yang sangat menarik dan mudah di mengerti
Ditunggu untuk artikel berikutnya ya :)

BandarQ
Bandar QQ
BandarQ Online
Poker Online
Domino QQ
AduQ

Reply
4 April 2018 pukul 14.25

Sudah kami baca semua ini Gan artikel ya..sangat bermanfaat banget ini..tidak sabar untuk ingin baca lagi Gan artikel baru ya!!! kami doakan Gan dan artikelnya sukses selalu ya Gan..ohh ya kami juga ada sedikit kunjungan ini..jangan lupa untuk klik dan masuk bergabung dengan kami Di Mimpi4d

Agen Togel
Togel Online
Judi Online

Reply
6 April 2018 pukul 14.55

Ini artikel ya number 1 Gan..saya suka dengan artikel dan blog ya Gan.. kami doakan Gan sukses dan sehat selalu ya Gan..ohh ya kami juga ada sedikit informasi ini..jangan lupa untuk klik dan masuk bergabung dengan kami Disini ya Mimpi4d

Agen Togel
Togel Online
Bandar Online
Judi Online

Reply
Anonim
8 Juni 2018 pukul 01.27

Saya pecah dengan cinta hidup saya selepas perjuangan yang besar. Dia berkata ia sudah berakhir di antara kami dan dia tidak akan pernah mengambil saya kembali selepas saya mengakhiri perkara dengannya berkali-kali. Saya hanya menyedari bahawa saya adalah cintakan hidup saya selepas saya kehilangannya.
Saya mahu dia kembali tetapi saya juga tidak mahu menyakiti dia lagi. Tidak pasti bagaimana saya dapat membawanya semula, seolah-olah dia sedang berjalan dengan hidupnya. Saya mendapat ulasan dalam talian, membaca catatan oleh seorang wanita dari Sweden yang dipanggil Katie Mburgs, dia memberikan keterangan bagaimana untuk memulangkannya kepadanya selepas 2 tahun pemisahan, dia meninggalkan alamat e-mel {dr.oduduwaspellcaster@gmail.com } dia memberi keterangan bahawa Seorang Pembersih Roh yang dipanggil Oduduwa melancarkan mantra bagi pihaknya. Saya menghantar mesej e-mel ke alamat e-mel yang sama dan saya menjelaskan setiap masalah perkahwinan saya, berjanji Oduduwa akan kembali kepada suami saya dalam masa 2 hari, saya berikan untuk mencuba dan mengejutkan saya yang paling besar itu berlaku seperti yang dijanjikannya. suami saya memanggil saya di telefon dengan nombor unknow, saya memohon maaf dan menetapkan tarikh untuk bertemu. kita lakukan dan hari ini kita hidup bahagia bersama sebagai keluarga. Saya bersyukur. terima kasih kepada lelaki hebat ini.
Saya pada mulanya mempunyai rasa takut keraguan, tetapi saya memberikannya untuk mencuba dan ia berfungsi untuk kebaikan saya. Saya pasti ini akan berfungsi untuk anda juga, 100% pasti.
Nombor WhatsApp: +2348109844548

Reply
Anonim
1 Februari 2022 pukul 04.50

Lucky Club Casino Site | Get up to €1000 Welcome Bonus
Our lucky club casino site is a great place to meet new players. It is one of the best and most reliable luckyclub.live in the gambling industry.

Reply

Posting Komentar

Footer Widget 1

Texts

apa yang anda inginkan, kami akan menyajikan

Sample text

Footer Widget 3

Social Icons

Label

Download

Blogger Tricks

Blogger Themes

Footer Widget 2

kangmaspayjoe Template. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Postingan Populer

Featured Posts

It's free
item